Waspada Perang Jet Tempur China Merapat Dekat Taiwan

Jet Tempur China J-16D. (Wikipedia)

GAYAPOPULER – Laporan terbaru menunjukkan bahwa China mengerahkan jet tempur J-16D ke pangkalan udara timur dekat Taiwan. Ini memunculkan spekulasi mengenai persiapan negara pimpinan Presiden Xi Jinping itu dalam melakukan invasi.
Dilansir South China Morning Post, citra satelit yang dirilis pada oleh Kanwa Defense Review menunjukkan J-16D ditempatkan di sebuah pangkalan udara di provinsi Jiangxi dan provinsi Zhejiang. Dua pangkalan ini sendiri merupakan pangkalan yang juga mencakup wilayah Taiwan.

“Semua pangkalan udara di sepanjang pantai tenggara sedang diperluas dan ditingkatkan untuk menampung lebih banyak jet tempur karena semakin banyak serangan udara skala besar yang akan dilakukan,” kata Andrei Chang, pemimpin redaksi majalah pertahanan Kanwa Defense Review dikutip Kamis (7/10/2021).

Ia menambahkan bahwa dalam penerjunan 52 jet China ke zona udara Taiwan pada Senin lalu. J-16D juga dilibatkan. Menurut kementerian pertahanan Taiwan, jumlah J-16D yang diterjunkan bahkan mencapai 34 unit.

“Saya meramalkan lebih banyak jenis pesawat China akan dikirim di masa depan, dengan serangan mendadak terbesar yang bisa melibatkan lebih dari 100 pesawat,” tambahnya.

J-16D sendiri merupakan pesawat tempur multi peran yang memiliki keunggulan untuk meredam serangan dari lawan. Pesawat yang berbasis dari Sukhoi Su-30MKK itu juga memiliki cat khusus untuk menghindarkan deteksi radar musuh

Taiwan sendiri memberikan peringatan besar kepada China setelah insiden itu. Presiden Tsai Ing-Wen menyebut bahwa China akan menanggung konsekuensi yang cukup berat bila terus melakukan hal seperti itu. Ia mengatakan Taiwan akan melawan.

“Kami bersumpah untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk menjaga Taiwan dari ancaman,” ujar Tsai.

Di sisi lain, China berdalih bahwa aksi penerjunan jet itu bukanlah merupakan provokasi perang, tetapi merupakan sebuah langkah latihan militer di udara. Perlu diketahui, Beijing hingga saat ini masih mengklaim bahwa wilayah Taiwan merupakan wilayah kedaulatannya.

Baca juga : Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Benda di Laut China Selatan

Sumber : cnbcindonesia.com

ArifinLar
Be a good person, useful and grateful