Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram

GayaPopuler – Kapan waktu terbaik untuk posting di media sosial? Apakah memang ada waktu terbaik untuk memposting di media sosial? Jawabannya adalah iya, tentu ada!”. Waktu terbaik untuk memposting di media sosial adalah ketika audiens Anda kemungkinan besar online dan melihat serta terlibat dengan konten Anda. Postingan yang waktunya tepat dapat menghasilkan lebih banyak like, komentar, share, dan view. Tetapi, jujur ​​saja kepada Anda, waktu terbaik untuk post instagram bervariasi tergantung pada industri dan audiens Anda.

Melalui artikel ini saya akan membahas, kapan waktu terbaik untuk memposting di Instagram dan apa saja faktor yang harus  Anda pertimbangkan ketika mencari waktu terbaik untuk memposting di instagram.

Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram

Jenis PostinganSeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Pendidikan20:00      
Kesehatan 13:00     
teknologi  10:00    
Consumer Goods  15:00    
Wisata    09:00 – 13:00  
Media    9:00  
Kuliner    12:00  
B2C     11:00 & 13:00 
Retail Bisnis 12:00 12:0012:00  
Personal Care   13:0013:00  
Profesional Service 09:00 & 10:0009:00 & 10:00 09:00 & 10:00  
Non Retail Bisnis   16:00 & 21:00   

Anda mungkin berharap saya dapat memberi Anda waktu yang pasti untuk membuat posting Instagram Anda. Sayangnya, hidup tidak sesederhana itu dan ada terlalu banyak variabel untuk dipertimbangkan. 

Baca Juga : Tips Menambah Followers Instagram yang Real, Ikuti 10 Tips Mudah Ini!

Saat menulis artikel ini, saya menemukan beberapa penelitian oleh platform sosial media, seperti Sprout Social dan lainnya yang memang memberikan hasil penelitian waktu “terbaik” untuk postingan Instagram Anda.Namun, harap diperhatikan, hal ini juga bergantung pada zona waktu, dan tidak semua postingan menggunakan zona waktu yang sama dalam rekomendasi hasil penelitiannya. Meskipun Anda mungkin akan memposting lebih dari sekali seminggu, berbagai penelitian menyarankan waktu-waktu berikut sebagai waktu yang terbaik:

  • HubSpot menyarankan untuk memposting antara jam 2 siang dan 3 sore dengan pilihan hari Kamis adalah hari terbaik
  • Sprout Social menyarankan hari Rabu pukul 11 ​​pagi dan Jumat pukul 10 – 11 pagi
  • Expert Voice menyarankan hari Rabu pada jam 11 pagi dan jam 3 siang.
  • Later menyarankan bahwa waktu postingan Instagram terbaik ada di jam  9-11 pagi.

Beberapa rekomendasi di atas adalah rekomendasi general dan secara menyeluruh. Namun sebaiknya Anda turut mempertimbangkan variasi dalam studi yang berbeda. Akan Lebih baik untuk melihat pilihan waktu yang lebih luas, daripada hanya waktu terbaik untuk memposting di Instagram.

Baca Juga : Begini Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Pertimbangan Utama Saat mencari Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram

Ada beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan dalam memposting konten di Instagram. Beberapa aspek tersebut sebaiknya Anda masukkan saat membuat kalender editorial perencanaan konten untuk dijadwalkan kapan akan dipublish.

Kenali audiens Anda

Tidak masalah sebenarnya jika Anda mau mengacu pada “Waktu Terbaik Untuk Posting di Instagram” sesuai dengan rekomendasi platform marketing seperti HubSpot dan lainnya. Akan tetapi, jika audiens Anda berbeda dari audiens biasa, maka waktu posting ini tidak relevan untuk akun Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui target pasar Anda secara umum. Berapa umur mereka? Di mana mereka tinggal? Seperti apa keseharian mereka? Apa profesi mereka? Jejaring sosial apa yang mereka gunakan? Apakah mereka menelusuri feed mereka di ponsel, tablet, atau desktop? Itulah jenis pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk mengetahui jadwal penerbitan terbaik.

Jika Anda memiliki akun Instagram Bisnis, Anda pastinya memiliki akses ke Instagram Insights. Buka Insights Instagram Anda, dan Anda akan menemukan informasi tentang kapan audiens Anda paling aktif di platform. Akan sangat masuk akal jika Anda menyusun praktek penjadwalan postingan Instagram Anda agar sesuai dengan informasi ini.

Faktor Hari

Ada beberapa variasi dalam keterlibatan Instagram, bahkan pada waktu yang sama pada hari yang berbeda dalam seminggu. Misalnya, Anda mungkin terkejut melihat jam 5 pagi termasuk dalam daftar yang memiliki engagement yang cukup tinggi. Alasan untuk ini adalah bahwa orang sering kali memeriksa notifikasi ponsel mereka saat mereka bangun di hari kerja. Dapat diambil kesimpulan bahwa, audiens lebih cenderung memeriksa Instagram mereka saat pagi hari di hari Senin hingga Jumat daripada di akhir pekan. 

Baca Juga : WhatsApp, Facebook, dan Instagram Down Serentak di Seluruh Negara

Tetapi sebenarnya bahkan hari Senin dapat memiliki keterlibatan yang lebih rendah, karena orang-orang terburu-buru untuk pergi ke kantor dan memiliki lebih sedikit waktu untuk melihat Instagram sebelum bekerja pada hari Senin.

Faktor waktu istirahat

Anda akan menemukan bahwa banyak orang memeriksa Instagram mereka saat waktu mereka istirahat kerja, terutama saat jam makan siang. Demikian pula, minat orang untuk membuat jeda dengan istirahat sebentar sela-sela pekerjaan mereka di sore hari dan beberapa mengalihkan perhatian mereka ke Instagram sebagai gantinya.

Faktor lokasi dan zona waktu

Semakin luas persebaran geografis audiens Anda, waktu posting yang ditetapkan menjadi sedikit ‘kurang penting’. Namun, jika target audiens Anda berada di satu lokasi tertentu, pastikan Anda menggunakan zona waktu yang sama saat menjadwalkan postingan instagram Anda (meskipun itu bukan zona waktu Anda sendiri).

Misalnya, Jika Anda berbasis di zona waktu PST (Pacific Standard Time) dan memiliki pengikut di zona waktu EST (Eastern Standard Time) dan GMT (Greenwich Mean Time), Anda mungkin merasa memposting pada jam 8 pagi PST bekerja lebih baik karena tentu akan terposting di hari kerja di kedua wilayah lainnya. 

Jika Anda memiliki media sosial global, Anda dapat membuat akun media sosial yang berbeda untuk wilayah yang berbeda. Atau, cukup jadwalkan konten sepanjang hari dan malam untuk berinteraksi selama 24 jam. Intinya adalah lokasi dan waktu hendaknya cocok dengan audiens Anda. Jika hal ini cukup membuat Anda pusing, Anda dapat mempertimbangkan fitur penjadwalan konten untuk diposting di Instagram dengan menggunakan software automasi Instagram.

Frekuensi Posting di Instagram

Anda perlu memposting secara teratur jika ingin akun Instagram Anda memiliki engagement yang baik. Biasanya Anda perlu memposting sebanyak satu hingga tiga posting per hari. Pastikan Anda tidak fokus kepada konten ‘hard selling’. Anda harus fokus untuk menghasilkan postingan berkualitas untuk audiens Anda dengan strategi konten Instagram yang baik.

Industri dan sektor yang berbeda lebih menyukai posting pada waktu yang berbeda

Untuk menambah informasi lebih lengkap, waktu posting terbaik Anda akan bergantung pada sektor dan jenis industri Anda. Misalnya, data HubSpot menunjukkan variasi yang jelas:

  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Industri Teknologi: Rabu pukul 10 pagi.
  • Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram untuk Industri B2C: Sabtu pukul 11 pagi dan 1 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Organisasi Pendidikan: Senin jam 8 malam.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Indsutri Kesehatan: Selasa jam 1 siang
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Organisasi Non-Profit: Selasa pukul 3 siang dan 9 malam, Rabu pukul 3-4 siang, Kamis pukul 2 dan 3 siang, dan Jumat pukul 10 pagi dan 2 siang.

Sprout Social dan Hootsuite (berdasarkan Umetric) menambahkan hasil penelitian mereka dengan beberapa sektor industri lainnya:

  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Consumer Goods : Rabu jam 3 sore
  • Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram untuk Perusahaan Media: Jumat jam 9 pagi
  • Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram untuk Industri Travel atau pariwisata: Jumat 9 pagi hingga 1 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Media & Hiburan: Selasa dan Kamis dari pukul 12 hingga 3 siang
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Makanan & Minuman: Jumat pukul 12 siang
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Industri Ritel: Selasa, Kamis, dan Jumat pukul 12 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Layanan Profesional: Jumat, Selasa, dan Rabu pukul 9 pagi atau 10 pagi.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Bisnis Non-Ritel (contoh: Aplikasi kencan): Kamis pukul 9 malam dan 4 sore.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram untuk Produk Personal Care: Jumat dan Kamis pukul 1 siang.

Baca Juga : Tips Memulihkan Akun Instagram, Facebook dan WhatsApp Usai Diretas

Selalu melakukan A/B testing karena algoritma Instagram kerap berubah

Jangan batasi jadwal posting Instagram Anda hanya pada “waktu terbaik” karena seperti hidup di dunia ini, algoritma Instagram pasti akan berubah, begitu juga dengan kebiasaan audiens Anda. Anda dapat bermain-main dengan konten dan melakukan eksperimen A/B Testing dengan konten yang sama atau mirip.

Demikian ulasan menyeluruh mengenai waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram. Semoga membantu Anda dalam melakukan perencanaan konten dan menjadwalkan konten Anda untuk mendapatkan engagement yang tinggi.

Sumber

AleRiqwan
Jangan Bosan Saling Berpesan Dalam Kebaikan