TIPS MEMILIH HP YANG SUPORT 5G DI INDONESIA

GayaPopuler – Halo sahabat gaya populer, kali ini kita bakal kasih tips nih buat temen temen yang mau beli HP yang suport 5G khususnya yang suport dengan jaringannya Telkomsel dan Indosat saat ini

Hmmmm sayangkan kalo sudah beli HP mahal mahal eh taunya nggak suport dengan jaringan 5G nya Telkomsel dan Indosat

Sekedar informasi yah bahwa HP yang sudah 5G belum tentu suport dengan jaringan 5G nya Telkomsel dan Indosat, karena untuk telokmsel memakai jaringan Frekuensi N40 (2.300 Mhz) sedangkan Indosat Frekuensi N3 (1.800 Mhz)

1. Apa itu Jaringan 5G Telkomsel?

Jaringan 5G Telkomsel adalah teknologi seluler generasi kelima yang dapat dinikmati pelanggan menggunakan smartphone 5G di cakupan area khusus dan terbatas. Layanan 5G Telkomsel beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz).

2. Apakah perbedaan antara jaringan 5G dan 4G?

5G adalah teknologi seluler yang merupakan evolusi dari Teknologi 4G LTE, yang secara teori dapat mencapai data rate (kecepatan data) lebih cepat, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Baca Juga : Jajaran iPhone 13 Baru Resmi Dirilis Harga Dimulai Rp 9,9 Juta

  • Data rate: Jumlah traffic/transaksi yang dinikmati pelanggan pada satu waktu.
  • Latency: Delay/perlambatan yang dialami pengguna saat data dikirim melalui jaringan.
  • Connection density: Kepadatan jumlah perangkat yang terhubung jaringan pada suatu luas area tertentu.

3. Apakah hadirnya jaringan 5G akan mempengaruhi kecepatan jaringan 4G?

Tidak, jaringan 5G tidak mempengaruhi kecepatan jaringan 4G.

4. Apakah perbedaan antara layanan 5G Telkomsel dan 5G operator lain?

Saat ini Telkomsel adalah satu-satunya operator di Indonesia yang telah secara resmi memperoleh izin untuk menggelar layanan 5G.

5. Seberapa kuatkah sinyal 5G?

Pada tahap pertama peluncuran 5G Telkomsel secara komersil, secara teori sinyal 5G bisa memberikan kecepatan download hingga 400Mbps untuk Orbit dan hingga 750Mbps untuk mobile. Namun, rata-rata pengalaman download bisa mencapai kecepatan hingga 100Mbps – 250Mbps, tergantung pada kualitas sinyal, kapabilitas perangkat 5G yang digunakan, dan kepadatan pelanggan 5G di lokasi tersebut.

Feedback dari pelanggan akan menjadi pertimbangan Telkomsel untuk terus mengembangkan jangkauan Telkomsel 5G dan menjangkau lebih banyak pelanggan di Indonesia dengan pengalaman 5G terbaik.

6. Apa sajakah keuntungan 5G?

Keuntungan 5G :

  • Koneksi data lebih cepat untuk download dan streaming yang lebih lancar.
  • Latensi yang sangat rendah mampu membuat koneksi menjadi lebih responsif.
  • Kapasitas lebih besar untuk menghubungkan banyak perangkat tanpa mengurangi kualitas jaringan.

7. Apakah ada perbedaan ketika melakukan telepon, SMS, maupun layanan VoLTE dengan menggunakan layanan 5G?

Baca Juga : Spesifikasi Asus ROG Phone 5s dan 5s Pro dengan Snapdragon 888 Plus

Tidak ada perbedaan, pelanggan tetap dapat melakukan telepon, SMS, dan VoLTE.

8. Apakah penggunaan jaringan 5G membuat konsumsi baterai smartphone jadi lebih boros?

Konsumsi baterai tidak dipengaruhi terhadap jenis jaringan yang didapat (3G/4G/5G) tapi kualitas jaringan di lokasi pelanggan dan aktifitas penggunaan smartphone.

Dan berikut adalat beberapa tipsnya

  1. Pastikan bahwa HP sudah suport dengan Band yang sudah di Pakai oleh Telkomsel dan Indosat saat ini.
  2. Untuk memastikan poin 1 diatas temen temen bisa cek di GSMArena
  3. Jangan terburu-buru dengan pilihan harga yang murah atau yang mahal tapi pastikan dengan Band yang memang sudah ada di Indonesia saat ini

Dibawah ini adalah video bagaimana Tips memilih HP yang sudah suport dengan jaringan 5G di Indonesia

Apa Itu 5G

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

Dalam teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi, dan mobile data. Penggunaan frekuensi-frekuensi ini diregulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU). ITU telah merestrukturasi bagian-bagian gelombang radio secara komprehensif untuk mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada termasuk 4G dan 3G.

Keunggulan

Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya karena saat ini hal itu masih berupa konsep. Tetapi dari konsep-konsep yang diciptakan tersebut, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu:

  • Kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G.
  • Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik.
  • Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.

Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik.

Ale/Gp

AleRiqwan
Jangan Bosan Saling Berpesan Dalam Kebaikan