Minyak Zaitun Ternyata Ampuh Obati Ketombe, Simak Cara Pakainya

MINYAK zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya baik bagi kulit, tapi juga berguna untuk perawatan rambut. Minyak zaitun ternyata ampuh mengobati ketombe.

Minyak zaitun sendiri adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari Basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Sebagaimana dilansir laman Womenshealthmag, ahli kecantikan asal New York, Amerika Serikat, Julie Russak mengatakan olive oil atau minyak zaitun adalah minyak alami yang telah digunakan selama berabad-abad untuk merawat rambut. Ia menjelaskan, vitamin E yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu mengurangi ketombe.

Russak menyarankan untuk mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dan perasan lemon, lalu pakailah ke bagian kepala. Minyak ini juga dikenal ampuh untuk merapikan ujung rambut bercabang dan kering.

Ketombe. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

Dia melanjutkan, rambut kering biasanya terjadi karena lapisan luarnya rapuh dan tidak bisa mempertahankan kadar air rambut. Hal ini juga menyebabkan rambut bercabang, terlihat kaku dan tidak sehat.

“Kandungan asam oleat dan asam palmitat pada minyak zaitun dapat melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut sehingga rambut menjadi lebih lembab, halus dan mudah diatur,” papar Russak.

Selain melembutkan, kandungan pada minyak zaitun juga dapat melembapkan kulit kepala sehingga mengurangi kerontokan. Menurut Russak, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak zaitun, tambah dia, dipercaya mengurangi ketombe. Caranya mudah, cukup siapkan 1 sampai 2 sendok makan minyak zaitun, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata. “Diamkan selama 10 menit, lalu pijat kulit kepala dan bersihkan ketombe dengan sisir,” tuturnya.

Penggunaan minyak zaitun juga bisa dibarengi dengan sampo antiketombe. Russak mengatakan, sampo antiketombe yang mengandung asam salisilat, selenium sulfide, dan zinc pyrithione dapat membantu mengatasi masalah ketombe yang dialami.

AleRiqwan
Jangan Bosan Saling Berpesan Dalam Kebaikan