Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Benda di Laut China Selatan

BREMERTON, Wash. (Dec. 15, 2016) - The Seawolf-class fast-attack submarine USS Connecticut (SSN 22) departs Puget Sound Naval Shipyard for sea trials following a maintenance availability. (U.S. Navy photo by Thiep Van Nguyen II/released)

GAYAPOPULER – Setidaknya 11 pelaut terluka setelah kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat, USS Connecticut, menabrak benda saat beroperasi di Laut China Selatan pekan lalu.
Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada situs berita Institut Angkatan Laut AS, USNI News, bahwa kesebelas orang itu mengalami luka skala ringan hingga menengah.

Melalui pernyataan resminya pada Kamis (7/10), Angkatan Laut AS juga mengonfirmasi bahwa sejumlah awaknya terluka dalam insiden itu.

Selain itu, USS Connecticut juga mengalami sedikit kerusakan setelah menabrak benda di LCS. Namun, tak ada kerusakan yang serius.

“Kapal selam itu masih dalam kondisi aman dan stabil. Tenaga penggerak nuklir USS Connecticut tak terpengaruh dan masih beroperasi penuh,” demikian pernyataan Angkatan Laut AS yang dikutip AFP.

Setelah insiden ini, AS langsung menggelar investigasi untuk mengetahui detail kejadian. Dalam pernyataan yang dikutip The Washington Post, seorang pejabat Angkatan Laut mengatakan bahwa saat ini penyelidikan masih terus berlangsung.

Menurutnya, kapal tersebut diduga menabrak benda mati, seperti kapal atau kontainer barang yang karam. Ia juga menyatakan bahwa Angkatan Laut menduga tabrakan ini tidak disebabkan oleh China.

Pejabat itu menyatakan bahwa insiden tersebut sebenarnya terjadi pada 2 Oktober lalu, ketika USS Connecticut sedang beroperasi di Laut China Selatan.

Namun, Angkatan Laut AS tak segera mengumumkan insiden tersebut karena alasan keamanan. Mereka baru mengumumkan kejadian itu setelah USS Connecticut keluar dari area LCS.

Saat ini, USS Connecticut sedang dalam perjalanan menuju pangkalan militer AS di Guam.

Baca juga : Asal Usul Tiga Pemuda Mirip Dono Kasino Indro Sebelum Gabung Warkopi

Sumber : cnnindonesia.com

ArifinLar
Be a good person, useful and grateful