Juru Bicara Taliban Mendadak Menelpon Seorang Penyiar TV Saat Siaran Langsung

Suhail Shaheen

GAYAPOPULER – Seorang penyiar berita BBC kelahiran Afghanistan mendapat telepon mengejutkan dari juru bicara Taliban ketika sedang siaran langsung, setelah kelompok itu berhasilkan menggulingkan pemerintahan Ashraf Ghani. Yalda Hakim berusaha tenang ketika juru bicara Taliban Suhail Shaheen tiba-tiba menelepon handphone-nya dan dalam sekejap mempersiapkan wawancara, menurut laporan The Sun. Hakim segera memberikan pengeras suara pada panggilan Shaheen dan memulai membuka percakapan tentang deklarasi kemenangan Taliban di Kabul, setelah 20 tahun kepemimpinannya digulingkan oleh pasukan pimpinan AS.

“Oke, kami telah dalam panggilan dengan juru bicara Taliban Suhail Shaheen di saluran ini. Pak Shaheen, dapatkah Anda mendengar saya?” kata jurnalis Australia tersebut memastikan. Setelah mengonfirmasi dapat mendengar suara Hakim, Shaheen mulai berbicara yang menjanjikan “kedamaian” di Afghanistan, negara yang dilanda perang itu. “Seharusnya tidak ada kebingungan, kami memastikan warga Afghanistan di kota Kabul, bahwa properti mereka dan hidup mereka aman. Tidak akan ada balas dendam pada siapa pun. Kami adalah abdi masyarakat dan negara ini,” ujar Shaheen, seperti dilansir The New York Post pada Senin (16/8/2021).

Bava juga : Pasukan Elite Taliban Badri 313 Bikin Foto Propaganda Tiru Cara Amerika Saat Kibarkan Bendera di Iwo Jima

“Kepemimpinan kami menginstruksikan pasukan kami untuk tetap berada di gerbang Kabul, bukan memasuki kota. Kami sedang menunggu pemindahan kekuasaan secara damai,” imbuhnya. Namun, pihaknya tidak akan meniadakan hukuman eksekusi publik dan amputasi untuk orang yang dianggap bersalah. “Saya tidak dapat mengatakan sekarang, itu tergantung hakim pengadilan dan hukum. Para hakim akan ditunjuk menurut hukum pemerintah masa depan,” kata juru bicara itu.

“Tentu saja, kami menginginkan pemerintahan Islam,” ujar Shaheen dalam wawancara selama setengah jam, yang menegaskan Afghanistan akan kembali dalam hukum ekstrem. Sementara itu, Shaheen mengatakan bahwa Taliban akan menghormati hak-hak perempuan dan mengizinkan mereka mengakses pendidikan. Setelah wawancara dadakan itu berakhir, rekan-rekan Hakim memujinya karena bisa tetap tenang ketika dia mendapat telepon kejutan, dan wawancara penyelidikan seketika, menurut laporan Metro.

“Belum pernah menyaksikan sesuatu seperti yang terjadi di studio pagi ini, mengarahkan mikrofon tamu kami ke ponsel @BBCYaldaHakim langsung, saat juru bicara Taliban memanggil di tengah juggling wawancara langsung lainnya,” kata manajer lantai TV, @swimmersjackson, di Twitter . “Waktu adalah segalanya, tidak bisa terulang,” imbuh manajer itu. “Wawancara BBC Taliban itu benar-benar mengejutkan. Semua 32 menit itu. Yalda Hakim seorang bos mutlak,” puji Penyiar Aasmah Mir.

Baca juga : 20 Tahun Perangi Taliban Amerika Serikat Habiskan Rp 31 Ribu Triliun

Sumber : kompas.com

ArifinLar
Be a good person, useful and grateful