Wisata Pulau Pahawang, Surga Bawah Laut Tersembunyi di Lampung Selatan

Pulau Pahawang Lampung
Pulau Pahawang Lampung

WISATA Pulau Pahawang punya bentang alam yang disuguhkan tidak kalah indah dengan pulau lainnya. Oleh karenanya, julukan serpihan surga tersembunyi di Lampung Selatan cocok diberikan untuk pulau ini.

Lokasinya di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten pesawaran, Lampung Selatan. Untuk sampai ke Pulau Pahawang, wisatawan hanya perlu menempuh kurang lebih dua jam perjalanan dari Bandar Lapung.

Meskipun tidak Pahawang seramai Bali atau Lombok, popularitas Pulau Pahawang semakin besar, menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata bahari andalan provinsi Lampung. Pulau Pahawang adalah salah satu lokasi favorit para pecinta pantai dan aktivitas snorkeling.

Destinasi Wisata Pulau Pahawang Lampung Balinya sumatra

(Foto: Instagram pahawang_island_lampung)

Baca Juga: Pesona Wisata Lampung

Daya tarik utama Pulau Pahawang adalah pemandangan bawah lautnya yang cantik. Beragam terumbu karang dan ikan-ikan berwarna menarik dapat ditemukan di sana. Tanpa harus menyelam sebenarnya pengunjung sudah bisa melihat kehidupan bawah laut Pulau Pahawang karena air lautnya sangatlah jernih.

Namun sungguh disayangkan jika berkunjung ke Pulau Pahawang tanpa melakukan snorkeling. Pengunjung dapat membawa makanan khusus yang bisa ditemukan di pulau tersebut saat snorkeling. Dijamin, ikan-ikan kecil yang menggemaskan akan mengerubungi Anda. Lantas sembari mengagumi keindahan dasar lautnya, pengunjung juga dapat bermain dengan penghuninya.

Pulau Pahawang terdiri dari dua buah pulau, yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Keduanya sama-sama dianugerahi oleh keindahan pantai dan pemandangan bawa laut yang eksotis. Ketika air surut, para wisatawan dapat juga menyeberangi pasir timbul yang membentang indah dari Pulau Pahawang Besar ke Pulau Pahawang Kecil.

Pulau Pahawang Besar

Pulau Pahawang Besar merupakan pulau utama di tempat wisata bahari itu. Luasnya sekitar 1.000 hektar dan terdiri dari 6 desa. Penghuni pulau ini berjumlah sekitar 1.000 kepala keluarga. Fasilitas pendukung di Pulau Pahawang Besar sudah cukup mumpuni, seperti penginapan, pusat kesehatan, dan sekolah.

Pulau Pahawang Besar inilah yang menjadi spot terbaik untuk melakukan snorkeling. Namanya, Wisata Taman Nemo Lampung. Di sini terdapat koloni ikan giru atau ikan badut yang juga dikenal sebagai ikan Nemo. Mereka hidup di antara karang-karang di dasar laut Pulau Pahawang Besar.

Untuk peralatan snorkeling sendiri, pengunjung dapat menyewanya dengan kisaran harga Rp80.000 per set. Sementara itu, warga Pahawang Besar banyak yang menyediakan rumah untuk disewa. Kisaran harga sewa per rumahnya adalah Rp300.000 untuk satu malam.

Pulau Pahawang Kecil

Tidak jauh dari Pulau Pahawang Besar, terdapat pulau yang luasnya lebih kecil, yakni sekitar 13 hektar bernama Pulau Pahawang Kecil. Mengutip dari Native Indonesia, pulau ini dikelola secara privat oleh warga negara asing yang dikenal penduduk lokal dengan sebutan Mr. Joe.

Meskipun terdapat sebuah cottage di Pahawang Kecil, penginapan itu tidak bisa dengan bebas dikunjungi oleh para wisatawan karena berstatus privat. Namun, wisatawan tetap bisa berkunjung ke pulau ini untuk snorkeling atau bersantai dan bermain di tepi pantainya.

AleRiqwan
Jangan Bosan Saling Berpesan Dalam Kebaikan