Dana Nasabah Bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA akan di Blokir jika Kartu ATM Belum Ada Chip

Kartu ATM Chip.

GAYAPOPULER – Kartu ATM ada yang mudah dibobol sehingga tabungan bisa ludes kalau tidak diantisipasi. Demi keamanan dana nasabah bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA akan blokir kartu ATM anda mulai tanggal segini buruan ganti.

Biker perlu tahu nih, sebelum uang tabungan habis dibobol maling, Bank Indonesia sudah mengintruksikan agar memblokir kartu ATM. Sebagai wujud instruksi tersebut, Bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA melakukan penggantian kartu ATM.

Dalam penggantian kartu ATM, masing-masing bank paling telat sesuai jadwal yang ditetapkan mereka. Bank Indonesia telah menetapkan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit.

NSICCS akan digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu Debit di Indonesia.Hal tersebut diinfokan melalui Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015.

Penggunaan NSICCS dan PIN 6 digit wajib diimplementasikan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu debit, yaitu prinsipal, switching, penerbit, acquirer, Penyelenggara Kliring, dan atau Penyelenggara Setelmen.

Seluruh kartu ATM dan kartu debit, termasuk yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe, wajib menggunakan Personal Identity Number (PIN) 6 digit paling lambat 30 Juni 2017

Teknologi NSICCS juga diterapkan tidak hanya pada kartu, namun juga pada pada perangkat ATM, EDC, serta seluruh sistem yang digunakan untuk memproses transaksi kartu ATM dan atau kartu debit.

Mengutip bi.go.id, sesuai Surat Edaran Bank Indonesia tersebut, implementasi secara penuh ditargetkan selesai pada 31 Desember 2021.

Program ini mempunyai batas waktu, apabila di tanggal tersebut nasabah belum mengganti ke Kartu Debit ber-chip, maka kartu Debit akan dinonaktifkan.

Berikut adalah batas waktu pergantian Kartu Debit di bank BCA, Mandiri, BRI dan BNI.

  1. BCA

Efektif per 1 Desember 2021, Kartu Debit BCA Non Chip yang meliputi Kartu ATM BCA dan Kartu Debit BCA tidak akan bisa digunakan lagi.

Sebagai gantinya, BCA menyediakan Kartu Debit Chip yang bisa didapatkan melalui Kantor Cabang BCA, CS Digital, dan Halo BCA.

  1. Mandiri

Proses pergantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Mandiri Debit Chip dilakukan bertahap sesuai kriteria expiry date kartu sebagai berikut:

  • Tahap 1: untuk kartu dengan expiry date 2021-2022, tanggal blokir mulai 1 April 2021
  • Tahap 2: untuk kartu dengan expiry date 2023-2025, tanggal blokir mulai 1 Juni 2021
  • Tahap 3: untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas, tanggal blokir mulai 1 Juli 2021

Penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip dapat dilakukan melalui cabang Bank Mandiri terdekat.

3. BRI

Nasabah BRI diharap agar segera melakukan penggantian kartu Debit magnetic stripe menjadi kartu Debit ber-chip paling lambat tanggal 31 Desember 2021.

Nasabah BRI dapat melakukan penggantian kartu Debit BRI ber-chip di unit kerja terdekat sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

  1. BNI

Bagi Nasabah BNI, yang belum melakukan penukaran kartu debit berbasis magnetic stripe menjadi kartu debit berbasis chip sampai 30 November 2021 tanpa dikenakan biaya.

Setelah 30 November 2021, BNI akan melakukan penonaktifan kartu debit berbasis magnetic stripe.

Anda dapat mengganti Kartu Debit BNI Chip di Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa Kartu Debit yang lama (Magnetic Stripe), Identitas diri (E-KTP/KTP/SIM/Passport), dan Buku Tabungan.

Baca juga : Kanker Prostat SBY Lapor ke Jokowi Akan Berobat ke Luar Negeri

Sumber : motorplus-online.com

ArifinLar
Be a good person, useful and grateful