Bitcoin Merosot ke USD $40,000, Setelah Elon Musk dan Bank Sentral China memberi tekanan kepada Bitcoin

Gaya Populer Bitcoin merosot akibat tekanan China ini adalah pukulan ganda bagi investor Bitcoin (BTC) minggu ini. Setelah Elon Musk sendirian menjatuhkan Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan, Bank Sentral China PBoC memberikan pukulan palu lagi. Pada hari Selasa, 18 Mei, Bank Sentral China memperingatkan lembaga keuangan dan bisnis lokal yang berkecimpung cryptocurrency.

Bitcoin (BTC) dan pasar crypto secara keseluruhan berada di bawah tekanan yang parah. Harga Bitcoin merosot 10% lagi menjadi USD 40.347/BTC, ada USD 200 miliar lainnya telah terkikis dari pasar crypto dalam 24 jam terakhir. Kapitalisasi pasar crypto secara keseluruhan sekali lagi turun di bawah USD 2 triliun dan saat ini mencapai USD 1,94 miliar. Dari pengikisan 50% atau lebih dari USD 90 miliar ini telah disumbangkan oleh Bitcoin saja.

Baca juga : Spekulatif, lembaga keuangan di China tak boleh sediakan layanan transaksi kripto

Berita larangan crypto China bukanlah hal baru bagi investor crypto. Dalam peringatan yang dikeluarkan bersama, tiga lembaga keuangan yang didukung negara China mengatakan:

“Harga cryptocurrency telah berfluktuasi dengan liar baru-baru ini. Spekulasi telah kembali, yang secara serius merusak keamanan aset orang dan mengganggu tatanan ekonomi dan keuangan normal. “

Pernyataan dari lembaga keuangan ini semakin memperkuat pembatasan Beijing pada perusahaan keuangan dan mencegah mereka terlibat lebih lanjut dalam aktivitas terkait kripto. Berbicara kepada Bloomberg, CEO Adam Reynolds, kepada APAC di Saxo Markets mengatakan:

“Tidak mengherankan bagi saya, karena kontrol modal Tiongkok dapat ditantang oleh pembelian cryptocurrency di dalam negeri dan transfer ke luar negeri. Jadi menghindari penggunaannya di dalam negeri sangat penting untuk mempertahankan kontrol modal. Satu-satunya mata uang digital yang dapat ditoleransi bagi pemerintah dengan kontrol modal yang kuat adalah CBDC mereka sendiri.”

Baca juga : China Resmi Larang Perdagangan Mata Uang Kripto

Skeptis Bitcoin Tumbuh Dengan Pedagang yang Tetap Takut

Dengan jatuhnya harga yang tajam ini dan Bitcoin menembus di bawah level Support krusial, pedagang Bitcoin telah skeptis untuk membeli penurunan pada saat ini. Ada lonjakan besar dalam opsi penurunan turunan Bitcoin seperti yang dilaporkan oleh transaksi On-chain dari Skew analytics.

Bitcoin Merosot Tekanan China

Namun, Grafik Teknikal dan indikator Relative Strength Index (RSI) selama 14-hari menunjukkan bahwa Bitcoin berada di wilayah Oversold.

USD 40.000/BTC berdiri sebagai Support krusial untuk harga BTC saat ini. Jika turun lebih jauh lagi akan ke level Support berikutnya berada di USD 30.000/BTC.

Baca juga : India Akan Mengatur Cryptocurrency, Perusahaan Yang Harus Mengungkapkan Data Transaksi Uang Virtual

Sumber : Coinpage, Coinmarketcaps