Tips untuk Menjadi News Anchor

najwa-shihab-News-Anchor

Gayapopuler.com – Siapa tidak kenal Rory ashari, Putra Nababan, Prabu Revolusi, atau Najwa Shihab? Ya, mereka adalah sejumlah news anchor ternama yang sering muncuk di layar TV Anda. Dalam jurnalistik sendiri, news anchor merupakan profesi yang bisa dibilang memiliki tingkatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan News Presenter. Meski seorang News Presenter sudah bertahun-tahun kerja di stasiun televisi, ia belum layak disebut sebagai News Anchor jika belum turun ke lapangan, mengenal banyak narasumber, tahu cara memproduksi berita, maupun menulis naskah. Tak heran, untuk bisa sampai menjadi News Anchor, wajib menjadi Reporter terlebih dahulu.

Dari sekilas panjang ya untuk menapaki track record sebagai news anchor?. Namun, jika Kamu memiliki keinginan menjadi salah satu dari mereka, hal itu bukan hanya angan-angan. Tapi juga bisa diwujudkan melalui perjuangan dan kerja keras. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui dan pelajari untuk bisa menjadi seorang News Anchor yang handal.

  1. Kuncinya, kamu harus selalu memperluas wawasan. Jangan pernah berhenti baca koran dan media online.
  2. Seorang presenter atau News Anchor harus mampu berpikiran terbuka. Menjadi seorang News Anchor harus bisa terbuka dengan perubahan maupun pendapat serta isu yang tengah terjadi di masyarakat.
  3. Perluas jaringan sangat diperlukan bagi seorang news anchor. Seorang presenter harus berkenalan dengan banyak orang, membuka dan memperluas jaringan. Dengan memiliki banyak kenalan, kamu dapat berlatih untuk mewawancari orang.
  4. Menjadi seorang news anchor tidak terlepas dari rasa nervous. Soluinya adalah harus percaya diri bahwa kamu bisa melakukan tugasmu dengan baik. Namun, jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri ketika menjalani pekerjaan tersebut.

Selain keempat tips di atas, saat menjalani suatu pekerjaan, dalam hal ini sebagai seorang presenter, harus didasari dengan adanya niatan yang baik dalam melaksanakannya (good will). Misalnya ketika kamu nanti berkesempatan mewawancarai seorang politikus. Kamu harus ingat bahwa tujuannya adalah untuk memberikan perubahan yang positif bagi kemajuan bangsa. Atau mungkin ketika mewawancarai seorang ustaz. Kamu harus memiliki tujuan untuk memperdalam ilmu dan pengetahuan masyarakat tentang Islam.

Nah, itulah sedikit ilmu tentang menjadi seorang news anchor. Jadi, tidak perlu lagi merasa ragu untuk menjadi news anchor.

Tips untuk Menjadi News Anchor | Sandy Zebua | 4.5