Tips Perawatan Rambut Bagi Para Hijabers

tips-perawatan-rambut-bagi-hijabers

Perlunya perawatan rambut tidak hanya bagi wanita yang tidak menutupinya dengan kain hijab. Namun, hijabers pun perlu menyadari bahwa perawatan rambut baginya merupakan hal yang penting. Perawatan rambut untuk wanita berhijab malah dibutuhkan lebih ekstra karena kondisi rambut yang tertutup selama siang hari atau bahkan selama anda berada di luar akan mengalami kekurangan oksigen, lembab dan panas. Meskipun hijab sendiri berfungsi untuk melindungi bahan kimia berbahaya, para hijabers harus tetap menjaga kesehatan rambutnya.

Perawatan untuk rambut berhijab sebenarnya tidaklah susah jika tahu caranya. Apalagi bagi para muslimah Indonesia yang memiliki kondisi alam dengan tingkat humidity/kelembaban yang tinggi sehingga dapat menimbulkan penyakit kulit, terutama juga pada kulit rambut yang tertutupi oleh kerudung.

Jadi, bagaimana tips perawatan rambut bagi para hijabers?. Berikut ini simak detailnya cara merawat rambut bagi wanita berhijab:

Gunakan Kondisioner dan Shampoo yang Tepat

Apakah Anda mengenakan jilbab atau tidak, penting untuk selalu memilih shampoo dan kondisioner yang tepat untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia. Hal ini bahkan lebih baik menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai kondisioner daripada yang biasa kita gunakan. Rambut kita membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dengan indah.

Makan Makanan Sehat yang Kaya Asam Amino dan Protein

Perlu diingat bahwa rambut mendapat nutrisi yang lebih dari dalam daripada hal-hal yang didapatkan dari luar. Dengan rajin mengosumsi makanan yang kaya nutrisi bisa menjaga agar rambut tetap sehat.

Keringkan rambut Anda sebelum memakai jilbab

Jangan mengatakan bahwa Anda tidak punya waktu untuk mengeringkan rambut sebelum mengenakan jilbab. Setelah keramas, hindari mengenakan hijab ketika rambut dalam keadaan basah, karena hal ini dapat menyebabkan bau apek dan rambut menjadi mudah lepek. Keringkan rambut Anda hingga benar-benar kering sebelum mengenakan jilbab.

Jangan menggunakan mesin pengiring rambut, karena hal itu bisa merusak rambut. Keringkan rambut dengan cara alami.

Jangan Mengenakan Hijab Terlalu Kencang atau Erat

Sisakan beberapa ruang untuk udara bisa masuk ke jilbab dan kulit kepala Anda. Jika Anda mengikat dengan erat, Anda akan mengalami sedikit sakit kepala. Hal ini juga memberi kesempatan untuk rambut bisa bernafas.

Pilih Bahan Hijan Yang Nyaman
Anda akan menutup rambut sepanjang hari dengan, karena itu gunakan hijab yang senyaman mungkin. Pilihlah hijab berbahan katun. Selain lebih nyaman digunakan, hijab berbahan katun atau kaos juga bisa menyerap keringat lebih mudah.

Itulah tips cara merawat rambut bagi para hijabers. Semoga bermanfaat dan rambut Anda sehat selalu!.

 

Tips Perawatan Rambut Bagi Para Hijabers | Sandy Zebua | 4.5