Tips Jaga Kekompakan dalam Mengasuh Anak ala Mona Ratuliu

mona-ratuliu-dan-keluarga

Gayapopuler.com – Memiliki perbedaan pendapat dengan pasangan suami ataupun istri saat mengasuh anak merupakan hal biasa dalam berkehidupan berkeluarga. Seperti yang pernah dialami oleh host sekaligus artis Mona Ratuliu dengan suaminya Indra Brasco. Namun seiring berjalannya waktu, pengalaman dalam mengasuh anak membuat mereka banyak memakan asam garam.

Hal itu sesuai dengan yang pernah disampaikan oleh artis peran Mona, “Dulu iya, dulu waktu anak pertama Saya juga bingung mau pakai pola asuh kaya apa, Indra pakai pola asuh orang tuanya, Saya pakai pola asuh saya sendiri, jadi seringkali mengalami crash. Cuma seiring kita baca juga banyak buku, ikutan seminar bareng-bareng, cari pola asuh yang tepat, akhirnya kompakan bareng-bareng”.

Mona menilai orang tua harus menemukan pola pengasuhan yang selaras. Tujuannya, agar anak tidak kebingungan. Hal ini dikarenakan anak-anak belajar karena terbiasa dari melihat kebiasaan yang dilakukan oleh kedua orang tua.

Indra dipandangnya cenderung memanjakan ketiga anaknya. Sang suami rajin membelikan anak-anaknya mainan. Sementara Mona akan mengizinkan anaknya membeli mainan asalkan mereka memenuhi syarat yang diajukan dirinya. Misalnya anaknya yang kedua, Baraka, yang makannya pilih-pilih. “Nah, biasanya kalau dia sudah minta beli mainan, saya kasih syarat, cobain 10 makanan baru, makin mahal mainannya, makin banyak yang harus dia cobain,” tambahnya.

Mona kemudian membuat daftar makanan dari nomor satu sampai 10. Tidak seluruhnya lalu harus dicoba, separuhnya saja sudah dianggap kemajuan bagi Mona. Setidaknya ada perbendaharaan makanan baru berani dimasukkan Baraka ke mulutnya.

Mona tapi menyebut anak-anaknya tidak pernah mencoba bersekutu dengan ayahnya. Indra akan tegas meminta anak memenuhi janjinya dulu pada ibunya, baru akan menyetujui keinginan anak.

“Jadi sekarang sih berdasarkan pengalaman, anaknya minta sama saya mau permen, biasanya saya tanya dulu sama Indra, ini oke enggak nih mau permen, jangan-jangan dia sama bapaknya sudah ada perjanjian, boleh permen setelah makan nasi misalnya. Nanti kalau kita kasih permen dia belum makan nasi, bubar dong,” tambahnya.

Tips Jaga Kekompakan dalam Mengasuh Anak ala Mona Ratuliu | Sandy Zebua | 4.5