Tips Berhijab Untuk Wanita Berkacamata

hijab-wanita-berkacamata

Melambungnya dunia hijab 5 tahun belakangan ini tidak terlepas dai banyaknya remaja yang ikut meramaikannya. Hal itu tidak hanya dilakukan oleh remaja, namun semua wanita dari rentang umur anak sekolahan sampai dengan ibu rumah tangga.  Tidak sedikit para remaja hijabers yang memang harus berkacamata ketika bekerja maupun beraktivitas di dalam kesehariannya. Adapula beberapa wanita yang juga senang menambahkan kacamata sebagai pelengkap penampilan saat melakukan travelling. Ketika mengenakan kacamata dengan hijab, perlu diperhatikan pemakaiannya karena bila terlalu kencang bisa membuat kurang nyaman dan membuat kepala akan terasa pusing. Berikut tips berhijab untuk wanita berkacamata.

Kenyamanan memakai kacamata ketika berhijab merupakan hal yang paling penting. Mari kita bicarakan tentang cara mudah dan nyaman memakai hijab bagi wanita berkacamata.

1. Memakai Jilbab yang Longgar
Hindarilah mengenakan hijab yang terlalu ketat ketika dipadukan dengan kacamata. Jilbab yang terlalu kencang bisa membuat tangkai frame kacamata Anda menekan keras pada bagian kanan dan kiri kepala yang dapat menyebabkan pusing. Pilih gaya jilbab yang sedikit longgar agar tangkainya tidak terlalu menekan pada wajah Anda terutama bila memiliki frame lebar.

2. Meletakkan kacamata di Atas Ciput atau Lapisan Pertama Jilbab
Asmaa seorang fashion blogger dari Inggris, melalui blognya menyarankan agar tidak meletakkan kacamata langsung di atas telinga ketika memakai jilbab. Kacamata bisa membuat Anda merasa kurang nyaman hingga sakit kepala karena ciput atau jilbab terlalu menekan tangkainya. Buatlah jarak antara frame dan jilbab sehingga tangkainya tidak akan tertekan.

Atau Anda bisa mengenakan jilbab ganda. Anda bisa menyematkan jilbab lapisan pertama di bawah telinga hingga ke bagian belakang. Sedangkan lapisan hijab yang kedua bisa Anda kreasikan dengan warna hijab yang kontras dan sematkan di samping. Hal ini lebih memudahkan ketika ingin meletakkan kacamata di atas ciput atau lapisan pertama jilbab. Selain itu dengan cara mengkreasikannya dengan dua lapisan sehingga tangkainya tidak terlalu terekspos jelas.

3. Jangan Mengkreasikan Model Hijab Terlalu Kedepan
Asmaa juga mengingatkan agar tidak mengkreasikan kerudung terlalu ke depan wajah. Hal itu juga diamini oleh desainer sekaligus fashion blogger Siti Juwariyah. Menurut Siti, mengenakan jilbab yang terlalu menutupi wajah bisa memberikan kesan ‘berat’.

Jangan sampai kacamata malah terlihat balapan dengan kerudung Anda terutama bila tangkainya berukuran cukup lebar. Tarik sedikit sisi kanan dan kirinya ke arah belakang sejajar dengan telinga.

4. Hindari Pemakaian Aksesori Besar
Usahakan menghindari mengenakan bros atau aksesoris hijab yang berukuran besar saat sudah menggunakan kacamata. Karena kacamata merupakan salah satu bagian dari aksesoris. Aksesoris yang ramai dipadukan dengan menggunakan kacamata bisa terlihat memaksa serta berlebihan.

5. Berhati-hatilah Saat Memakai Jarum
Penggunaan jarum untuk berhijab bertujuan agar kain hijab tidak bergeser. Sebaiknya jauhkan jarum dengan frame kacamata yang dikenakan karena hal ini bisa membuat kerudung berantakan ketika melepaskan kacamata. Letakkan jarum di atas tangkainya supaya tidak mudah lepas atau hilang. Jarum yang diletakkan di dekat tangkai kacamata juga bisa berisiko terjadinya gesekan sehingga memberikan rasa sakit.

berhijab-dengan-aksesoris-kacamata

 

 

Tips Berhijab Untuk Wanita Berkacamata | Sandy Zebua | 4.5