Model Blangkon Jawa Terbaru

model-blangkon-terbaru

Gayapopuler.com –  Setiap daerah memiliki ciri khas khusus, baik dari segi oleh-oleh khas makanan hingga budaya setempatnya. Begitu juga yang ada di keramaian kota Solo Yogya, Cirebon dan sekitarnya dengan corak tradisional salah satunya blangkon atau udeng (Jawa) atau bendo (priangan). Blangkon sendiri adalah tutup kepala tradisional (pria) Jawa dan Sunda terbuat dari kain dengan ukuran, motif, warna, gaya dan variasi tertentu sesuai dengan daerah, kelompok, status, selera, dan lain-lain.

Blangkon merupakan salah satu pelengkap ketika kita mengenakan baju adat jawa, blangkon tersebut kita kenakan di kepala sebagai pengganti kopiah atau cuplik. Blangkon ini biasanya sudah dibentuk sedemikian rupa dan siap untuk dipakai. Bahan baku pembuatan blangkon adalah kain polos atau batik.

rezky_aditya_memakai_blangkon

Dengan mamakai blangkon maka kita akan terlihat lebih gagah layaknya orang kerajaan, dan biasanya pakaian adat tersebut dikenakan pada acara-acara tertentu yang menyangkut tentang budaya daerah. Namun, tak ada salahnya Anda membeli dan menggunakannya sebagai action pelestarian pakaian tradisional nusantara.

Model-Blangkon-Jogja

Blangkon sendiri memiliki beberapa tipe atau jenis. Menurut wujudnya, blangkon dibagi menjadi 4:
  1. Blangkon Ngayogyakarta
  2. Blangkon Surakarta,
  3. Blangkon Kedu
  4. Blangkon Banyumasan.

dhani-pakai-blangkon

Untuk beberapa tipe blangkon ada yang menggunakan tonjolan pada bagian belakang blangkon yang disebut mondholan. Mondholan ini menandakan model rambut pria masa itu yang sering mengikat rambut panjang mereka di bagian belakang kepala, sehingga bagian tersebut tersembul di bagian belakang blangkon. Lilitan rambut itu harus kencang supaya tidak mudah lepas.

model-blangkon-jawa-terbaru

Sekarang lilitan rambut panjang yang menjadi mondholan sudah dimodifikasi karena orang sekarang kebanyakan berambut pendek dengan membuat mondholan yang dijahit langsung pada bagian belakang blangkon. Blangkon Surakarta mondholannya trepes atau gepeng sedang mondholan gaya Yogyakarta berbentuk bulat seperti onde-onde.

reza-rahardian-pakai-blangkon

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern sekarang ini, pergeserann gaya hidup terkadang mengikuti perkembangan tersebut. Begitupun juga dalam berpakaian, jika dulu masyarakan Indonesia masih sering mengenakan pakaian-pakaian adat seperti kebaya, batik dan blangkon. Namun saat ini dengan banyaknya budaya barat yang masuk ke Indonesia membuat gaya berpakaian orang mengikuti gaya orang barat, sedikit demi sedikit meninggalkan pakaian adat atau asli dari Indonesia.

Karena hanya dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri kita sudah membantu pemerintah dalam segi perekonomian Indonesia, mari bersama-sama melestarikan budaya lokal dan terus mengembangkannya dengan berbagai inovasi yang brilian sehingga membuat budaya Indonesia semakin terkenal di dunia.

 

model-blangkon-jawa-modern

 

model-blangkon-terpopuler

Beberapa contoh model blangkon modern terbaru diatas, mudah-mudahan bisa dijadikan referensi bagi anda yang sedang mencari motif blangkon terbaru. Terima kasih dan semoga bermanfaat sobat.

 

Model Blangkon Jawa Terbaru | Sandy Zebua | 4.5