Model Busana Pengantin Adat Bali Tradisional dan Modern

Gayapopuler.com – Busana pegantin tradisional Bali bisa dikatakan merupakan salah satu pakaian pengantin tradisional Indonesia yang menunjukan keindahan dan keagungan yang membaur. Dalam busana pengantin Bali ini dibutuhkan banyak corak kain atau kemben untuk dililitkan di tubuh yang hampir mirip dengan busana pernikahan Solo Basahan dan Yogya Paes Ageng. Busana yang identik dengan keagungan kerajaan di Bali ini memancarkan pesona nan cantik dan menarik mata untuk terpaku memandang. Sangat layak jika Bali mendapatkan julukan Pulau Dewata. Berikut ini model busana pengantin adat Bali baik yang tradisional maupun yang sudah modern dengan sedikit sentuhan modifikasi.

Model Busana Pengantin Adat Bali Tradisional dan Modern

Busana Pengantin Payas Agung Badung

Setiap kerajaan memiliki busana pengantin adat yang indah, namun busana pengantin Payas Agung Badung atau Payas Agung Denpasar, atau kerap disebut juga Busana Bali Agung ini seakan menjadi ikon busana pengantin Bali. Keindahan busana pengantin warisan Kerajaan Badung ini begitu dikenal hingga hampir setiap pengantin yang menikah dengan adat Bali mengenakan busana ini. Meski awalnya busana ini hanya diperkenankan untuk keluarga kerajaan, namun kini kalangan masyarakat umum pun dapat mengenakan busana indah ini.

busana-pengantin-adat-bali

Helai demi helai tapih atau kain panjang melilit tubuh dari dada hingga menutupi jari kaki. Dilapisi kemben sebagai penutup dada serta kamen prada menutup hingga ke mata kaki. Identitas kebangsawanan pun terlihat dari kain prada atau keemasan, yang melilit dari bahu hingga mata kaki. Ayunya wajah semakin cantik dengan srinata atau lengkungan simetris di dahi, selaras dengan petitis dan sepasang tajug emas yang disematkan diatasnya. Seakan melengkapi keindahan yang tercipta, susunan bunga sandat yang ditutup bunga kap emas, hadir begitu indah memahkotai sang pengantin wanita.

Keistimewaan yang jelas nampak dari pengantin Bali adalah, bila kebanyakan pengantin pria mengenakan tutup kepala sederhana, tidak demikian dengan pengantin pria Payas Agung. Mahkota tajuk emas dengan bunga sandat dan bunga kap diatasnya, atau disebut juga gelung garuda mungkur memahkotai pengantin pria. Menghadirkan keagungan keluarga kerajaan. Dan terakhir, sebilah keris bertatah batu mulia terselip di punggung.

Busana Pengantin Bali Modifikasi

model-pakaian-pengantin-adat-baliBeralih ke nuansa yang lebih modern, mempertemukan kebaya pendek berwarna peach yang dipadu rok tenun yang panjang menjuntai dengan jas bukaan depan warna krem yang dipadu dengan kain tenun berwarna kecoklatan. Menghasilkan tampilan yang cantik dan kekinian sambil tetap mengedepankan tradisi.

Kesucian sebuah upacara pernikahan terwakili dalam perpaduan kebaya dan beskap dalam nuansa putih keemasan ini. Kain tenun putih dengan motif bunga-bunga merah dan keemasan hadir menceriakan tampilan.

gaun-pengantin-bali-modifikasi

 

busana-pengantin-adat-bali-terbaru

Nuansa biru yang cerah mewarnai perpaduan cantik antara kebaya bernuansa biru pinkdengan beskap biru tua. Kain tenun bernuansa biru putih hadir begitu cantik melengkapi indahnya perpaduan yang tercipta.

busana-pengantin-tradisional-bali-yang-dimodifikasi

Kesan simpel dan teduh hadir dari kebaya dusty pink yang berpadu kain tenun endek bernuansa kecoklatan. Tampak begitu serasi ketika dipadankan dengan beskap dusty pink dan kain senada.

Busana pengantin Bali tradisional ini dapat dimodifikasi dengan atasan berupa kebaya dengan bawahan kain songket Bali. Atau dapat juga dirancang seperti Bridal namun tetap berpaku pada corak dan ragam hias Bali. Seperti yang dapat kamu lihat pada foto dibawah ini.

busana-pengantin-adat-bali-modern

Model Busana Pengantin Adat Bali Tradisional dan Modern | Sandy Zebua | 4.5